Jembatan Teras Kaca Pantai Nguluran, Spot baru di Jogja yang Sedang Hits Dikunjungi!

Saturday, December 15th, 2018 - Nail

Nama Pantai Nguluran mendadak viral setelah beberapa pengguna media sosial memposting foto-foto liburannya di atas teras kaca yang berada di atas tebing Pantai Nguluran dengan nuansa yang cukup ekstrem.

Pantai Nguluran menyajikan pemandangan alam yang luar biasa dengan tebing-tebing karang indah di sekitarnya.

Birunya lautan yang membentang luas dengan butiran pasir putih dan bukit karang yang begitu asri membuat hati terasa lebih adem. Hembusan angin pantai pun membuat pikiran terasa lebih rileks.

Pantai yang terletak sekitar 300 meter di sebelah barat Pantai Gesing ini menawarkan sensasi liburan yang sangat berkesan dengan beberapa spot instagramable di sekelilingnya.

Selain keindahan panorama pantai yang sedap dipandang, di lokasi ini kamu juga akan diajak untuk mencoba beberapa spot foto cukup ekstrem.

Yang paling terkenal tentu saja teras kaca di atas tebing yang kabarnya hanya ada satu-satunya di Yogyakarta bahkan di Indonesia.

Teras kaca yang terinspirasi oleh jembatan kaca di Cina ini berada di pinggir tebing dengan ketinggian sekitar 30 meter.

Ukuran luasnya 25 meter persegi dan ketebalan kaca 13 milimeter, dengan konstruksi bangunan yang sudah memenuhi standar keamanan.

Teras yang terbuat dari komposisi kaca dan galvalum tersebut dilengkapi dengan konstruksi besi yang kuat dan kokoh sehingga lebih terjamin keamanannya.

Teras kaca ini merupakan bagian dari resort pribadi dan villa milik Bapak Nur Nasution yang rencananya akan dibangun di lokasi seluas kurang lebih 1 hektare.

Meskipun destinasi ini masih dalam tahap pengembangan, namun saat ini telah dibuka untuk umum dan wisawatan bisa berswafoto secara bergantian demi keselamatan bersama.

Berfoto di atas teras kaca yang menjorok ke arah laut, tentu memberikan sensasi yang cukup menantang adrenalin. Mengingat, di bawahnya nampak lautan yang terlihat jelas dari atas kaca.

Selain teras kaca, ada spot foto unik lainnya yang tak kalah keren yaitu giant chair atau kursi raksasa yang tak kalah cantiknya untuk menghasilkan foto instagramable.

Kursi raksasa dengan nuansa putih ini terletak di pinggir tebing dengan view langsung menghadap ke arah laut lepas.

Di tempat ini kamu bisa berfoto dengan pemandangan pantai yang eksotis sebagai background-nya.

Harga Tiket Masuk Pantai Nguluran

Harga tiket masuk ke lokasi wisata Teras Kaca di Pantai Nguluran adalah sebesar Rp 5.000/orang belum termasuk parkir. Yaitu Rp 3.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 6.000 untuk parkir mobil.

Bagi pengunjung yang akan berfoto di spot teras kaca dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000/orang selama 5 menit (weekday) dan Rp 20.000/orang selama 5 menit (weekend).

Sementara untuk berfoto di spot giant chair dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Rute Perjalanan Pantai Nguluran

Lokasi wisata Teras Kaca di Pantai Nguluran dan giant chair terletak di Dusun Bolang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY atau sekitar 60 km dari Kota Jogja dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan.

Perjalanan dari Kota Jogja bisa diarahkan menuju ke Jalan Wonosari – Sampaan – Piyungan – selanjutnya menuju ke arah Patuk – Sambipitu – Hutan Bunder – Lapangan Terbang Gading – sampai di pertigaan ambil arah ke kanan menuju ke arah Pasar Playen – dari Jalan Paliyan Panggang arahkan kendaraan ke kawasan Girikarto – ikuti petunjuk arah menuju ke kawasan Teras Kaca Pantai Nguluran.

Fasilitas Pantai Nguluran

Selain fasilitas standar seperti area parkir dan toilet, di kawasan Pantai Nguluran juga terdapat beberapa fasilitas menarik lainnya yang akan membuat acara liburan semakin seru.

Fasilitas unik seperti teras kaca, giant chair dan becak terbang bisa dijadikan spot foto kekinian yang instagramable.

Di kawasan wisata Teras Kaca Pantai Nguluran juga terdapat wahana lainnya yang tak kalah menarik, yaitu rumah boneka, colorful stone, circle of life dan playground.

Selain itu ada juga fasilitas penginapan dan rumah makan di dekat kawasan teras kaca Pantai Nguluran.  FYI, kawasan wisata ini buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Daya Tarik Pantai Nguluran

Daya tarik utama yang disajikan Pantai Nguluran adalah pesona alam pantainya yang menyejukkan mata dan bikin rileks pikiran.

Di kawasan Pantai Nguluran, kamu bisa menikmati keindahan laut lepas dari atas ketinggian tebing.

Bukan hanya sekedar tebing alam yang berdiri kokoh, di pinggir tebing juga terdapat spot wisata yang cukup ekstrem yaitu teras kaca yang letaknya menjorok ke arah laut.

Kamu bisa membayangkan bagaimana rasanya berdiri di atas tebing curam dengan pemandangan laut dan hempasan ombak di bawahnya.

Teras kaca yang sudah begitu viral di media sosial ini menawarkan sensasi liburan yang berbeda dan bisa menjadi sebuah pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Dari atas teras kaca ini kamu bisa memandang laut lepas dan berfoto dengan background panorama laut yang membentang untuk mengabadikannya. Hasilnya, sudah pasti instagramable!

Selain teras kaca kamu juga akan diajak menikmati sensasi liburan yang tak kalah menantang dengan spot giant chair di pinggir tebing pantai.

Sama seperti teras kaca, di spot foto keren ini kamu bisa mengekspresikan gaya terbaikmu untuk melengkapi foto liburanmu yang paling berkesan.

Selesai dengan teras kaca dan giant chair jangan lewatkan untuk berpose di atas becak terbang yang tak kalah hits.

Di kawasan wisata teras kaca Pantai Nguluran ini kamu juga bisa mengeksplore keindahan pantai dari sisi yang berbeda.

Beberapa fasilitas spot foto kekinian yang tersedia seperti rumah boneka, colorful stone, circle of life bisa kamu coba untuk melengkapi momen liburanmu di Pantai Nguluran.

Letak Pantai Nguluran yang tidak begitu jauh dari kawasan Pantai Gesing memberikan keuntungan tersendiri karena kamu bisa sekalian mampir untuk sekedar berwisata kuliner dengan hidangan khas laut yang menggugah selera.

Tips Bersiwata di Pantai Nguluran

  • Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima agar perjalanan wisatamu tetap lancar dan menyenangkan.
  • Kondisi fisik yang fit juga tidak kalah penting agar bisa menikmati momen liburan secara maksimal.
  • Jika takut pada ketinggian sebaiknya tidak perlu mencoba fasilitas teras kaca yang cukup ekstrem, kamu tetap bisa menikmati keindahan Pantai Nguluran tanpa harus menginjakkan kaki di teras kaca.
  • Buat kamu yang penasaran dengan sensasi foto di atas teras kaca bisa langsung mendaftar di antrean agar tidak terlalu lama menunggu giliran.
  • Pastikan untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola agar liburan semakin nyaman.
  • Terakhir, jangan buang sampah sembarangan!

Profil Singkat Pantai Nguluran

DestinasiJembatan Teras Kaca Pantai Nguluran
Lokasi WisataBolang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tiket MasukRp 5.000/orang, spot giant chair dan teras kaca Rp. 5.000 – Rp. 20.000,-
Instagram@teraskaca
Jam Buka09.00 – 17.00 WIB

 

Pictures gallery of Jembatan Teras Kaca Pantai Nguluran, Spot baru di Jogja yang Sedang Hits Dikunjungi!

Jembatan Teras Kaca Pantai Nguluran, Spot baru di Jogja yang Sedang Hits Dikunjungi! | godong | 4.5